Rabu, 23 Juni 2010

Menghitung Biaya Pembuatan Website Bisnis

Personal Computer

Untuk dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen dan calon konsumen, sebuah website bisnis harus direncanakan dengan tepat dan maksimal sehingga efektif namun efisien dari segi biaya. Pebisnis sudah mulai menggunakan website sebagai sara promosi online, namun tidak sedikit juga memulai usaha mereka dari situs jejaring sosial seperti Facebook. Mereka memilih website atau jejaring sosial tentunya berdasarkan pertimbangan tertentu, seperti biaya. Menghitung biaya pengelolaan website secara akurat harus dilakukan bagi pebisnis yang ingin memiliki website sebagai sarana promosi online mereka. Menghitung biaya pembuatan dan pengelolaan website bisnis dapat dilihat dari hal-hal berikut:

Biaya Pembuatan Website

Biaya pembuatan website mengalami penurunan yang sangat drastis dibanding lima tahun yang lalu. Dasar penghitungan pun saat ini telah berubah. Dulu sebelum era CMS berkembang, website cenderung statis, maka hitungan biaya pun diukur dari jumlah halaman yang dibuat. Dengan CMS, maka variabel penghitungan biaya pembuatan website pun berubah. CMS yang dibuat khusus untuk satu website tentunya lebih mahal dibanding dengan penggunaan CMS Open Source seperti WordPress atau Joomla. Bahkan beberapa desainer tidak mengenakan biaya atas penggunaan CMS Open Source tersebut.

Biaya Desain

Kata-kata yang paling sering saya dengar ketika seseorang ingin membuat website adalah pertanyaan tentang “Berapa harga web yang sederhana?”. Definisi sederhana seringkali bias, yang saya tangkap dari hal ini adalah, sederhana dalam artian website yang tidak mementingkan seni dan keindahan atau bisa dianggap asal online. Sebaiknya hindari membuat website yang “sederhana” sebagai promosi online Anda. Desain yang baik adalah desain yang mencerminkan image/citra perusahaan atau bisnis Anda. Meskipun hanya berupa usaha kecil atau menengah, tentunya citra perusahaan akan sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda. Tentunya Anda tidak ingin calon konsumen Anda lari hanya karena mereka melihat halaman depan website Anda yang kurang berkesan “profesional”.

Biaya Hosting dan Pendaftaran Nama Domain

Variabel biaya yang sangat penting untuk diperhatikan adalah biaya hosting dan pendaftaran Nama Domain. Berbagai macam paket hosting bisa Anda cari dari website-website penyedia layanan ini. Jangan terpaku pada harga sewa yang murah, sebaiknya pilih jasa layanan hosting yang menjamin keamanan data dan kelangsungan hidup website Anda nantinya. Sebisa mungkin hindari penggunaan domain gratisan untuk website bisnis. Sekali lagi, image perusahaan Anda harus didahulukan untuk kemajuan bisnis Anda.

Biaya Perawatan Website

Perawatan website juga harus diperhatikan sebagaimana Anda merawat dan memelihara tempat usaha Anda. Salah satu yang harus diperhatikan adalah rangking website Anda pada search engine. Di sinilah diperlukan beberapa teknik dan strategi SEO, yaitu mengoptimalkan isi website Anda agar lebih mudah ditemukan pada hasil pencarian search engine. Biaya yang muncul dari sini contohnya adalah biaya untuk pemasangan iklan dan semacamnya.

Kesimpulan

Biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah website bisnis pastinya berbeda-beda tergantung dari banyak faktor seperti fitur yang diperlukan, kualitas dan kerumitan desain, kapasitas desainer, dan faktor-faktor lainnya. Biaya minimal yang ditetapkan antara web designer satu dan yang lainnya pun bisa bervariasi. Beberapa pembuat website (Bukan designer) bahkan menetapkan harga yang sangat murah. Di Yogyakarta, terdapat seorang pembuat website yang menawarkan jasa pembuatan website dengan harga hanya Rp.300.000,-. Bisa ditebak, hasil yang didapat adalah website murahan yang justru tidak akan efektif untuk promosi Anda.

Sebelum memutuskan untuk membuat website dan untuk menentukan biaya dengan tepat, ada baiknya Anda menimbang dulu website seperti apa yang Anda inginkan, bagaimana spesifikasi yang Anda inginkan dan lain-lain. Selalu konsultasikan dengan web designer segala detail yang Anda inginkan tentang website Anda agar tercapai kesepakatan yang tidak saling merugikan. Dalam artikel berikutnya, akan saya berikan petunjuk bagaimana memilih web designer yang tepat untuk membantu mempromosikan bisnis Anda secara online.

sumber :

http://preaxz.com/2010/03/menghitung-biaya-pembuatan-website-bisnis/

1 komentar:

Just fill me...

Choose Topic

benediQue (18) IT Solution (10) pembuatan website (10) progress (10) project (9) Berita IT (8) IT (7) buat web (7) cara buat web (7) it business (7) toko online (7) web3days (7) FEEL IT (6) bisnis (6) company profile (6) innovaction (6) konsep programming (6) php (6) Google (5) Tutorial (5) bahasa pemrograman (5) belajar (5) harga murah (5) harga pembuatan website (4) programming concept (4) yves andre (4) flash (3) html (3) jQuery (3) programming language (3) 3d animation (2) Ajax (2) bakmi grand kelinci (2) css (2) dokumentasi (2) flash intro (2) javascript (2) membuat website (2) netbeans (2) perfume (2) Ajax Library (1) GPA (1) Google Code (1) Indonesia (1) Mootools (1) Sistem Operasi Linux (1) Welcome (1) animation (1) animation house (1) appologize (1) asteros (1) benedique client (1) benedique portfolio (1) blog (1) bug fixing (1) caffeine (1) cara membuat website (1) cara membuat website gratis (1) client (1) cool intro (1) daftar framework (1) design web (1) ellingbra (1) facebook apps (1) fanzilla (1) framework (1) gasp (1) gasp shout (1) gaspshout (1) google search (1) harga buat web (1) harga buat website (1) jasa membuat website (1) jasa pembuatan website (1) kebutuhan skill web developer (1) klien (1) membuat website gratis (1) menkominfo (1) model view controller (1) mvc (1) mysql (1) pola programming (1) programmer (1) programming pattern (1) rpm konten multimedia (1) search engine optimization (1) seo (1) skill programmer (1) skill web developer (1) subversion (1) tvc (1) web company profile (1) web developer (1) website perusahaan (1)