Sabtu, 20 Februari 2010

Mahkluk aneh bernama MVC (Model-ViewController)

Hai,
sekarang gua mau ngasih tau sedikit yang gua tahu tentang Model-View-Controller programming concept. Diambil dari otak gua, dan dari google n Wiki :

Src :
http://en.wikipedia.org/wiki/Model%E2%80%93view%E2%80%93controller
,
http://java.sun.com/blueprints/guidelines/designing_enterprise_applications_2e/images/app-archa2.gif


So, Model-View-Controller (MVC) adalah sebuah pola arsitektur yang digunakan dalam rekayasa perangkat lunak. Pola ini memisahkan "domain logika" (logika aplikasi untuk pengguna) dari input dan presentasi (GUI), memungkinkan pengembangan independen, pengujian dan pemeliharaan dari masing-masing, dalam arti pembuat :

  1. LOGIKA (Controller) dapat mengerjakan pembuatan class-class dan fungsi untuk core modul bersangkutan
  2. TAMPILAN/DESAIN (View) dapat mengerjakan pembuatan tata letak dan gaya (style) dari tampilan akhir yang dilihat user
  3. DATABASE (Model) dapat mengerjakan pembuatan table dan database yang diperlukan sesuai dengan class diagram yang telah disepakati bersama
Berikut merupakan contoh gambar dari konsep MVC :
















Nah, gambar ini cukup mewakili dari konsep dari MVC secara umum. Kira-kira begini penjelasan lengkapnya :

  1. MODEL adalah domain spesifik representasi data pada aplikasi yang beroperasi. Domain logika menambahkan makna pada data mentah (misalnya, menghitung apakah hari ini adalah hari ulang tahun pengguna, atau total, pajak, dan biaya pengiriman untuk keranjang belanja item). Ketika sebuah model mengubah keadaan, itu akan memberitahu yang terkait pandangan sehingga mereka dapat me-refresh.
  2. VIEW merender model menjadi bentuk yang cocok untuk interaksi, biasanya elemen antarmuka pengguna. Beberapa pandangan bisa eksis untuk satu model untuk berbagai tujuan.
  3. CONTROLLER menerima input dan memulai tanggapan dengan membuat panggilan pada objek model.
MVC ini sering terlihat pada aplikasi web di mana tampilan HTML atau XHTML yang dihasilkan oleh aplikasi. Pengendali GET atau POST menerima masukan dan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan itu, diserahkan kepada obyek domain (yaitu model) yang berisi aturan bisnis dan tahu bagaimana melaksanakan tugas-tugas khusus seperti pengolahan langganan baru.

6 komentar:

  1. Mbeh.. baru kmrn2 gw search ttg Java FrameWork... Kok isinya persis ya.. dikutip darimana nh? kok ga ad referensiny ?? Awas kena plagiat hehhe But nice info...

    BalasHapus
  2. Hehehe... tqu commentnya

    Untuk Bapak ~johndry~ :

    di dalam dunia ICT tidak ada istilah plagiat, yang ada adalah saling berbagi ilmu dan rasa keterikatan yang kuat. Artikel diatas adalah buatan saya digabung dengan berbagai sumber terkait seperti wikipedia dan sun java (look at my statement above "...Diambil dari otak gua, dan dari google n Wiki...").

    Bahkan untuk mengambil gambar, kami mengkopi langsung link dari website resmi java (coba klik bagian gambar akan menuju : http://java.sun.com/blueprints/guidelines/designing_enterprise_applications_2e/images/app-archa2.gif),

    untuk menghargai commentnya kami menyertakan sumber secara detail.

    tqu commentnya, please feed us by clicking : http://feeds.feedburner.com/OfficialBenediqueBlog

    BalasHapus
  3. Nice info, sedikit mengarahkan ya bos...
    sebenarnya sebuah controller merupakan sebuah class yg berisi fungsi-fungsi
    1 controller sejauh yg kutau siy 1 class, adapun class-class yg mungkin di maksud di atas, adalah berupa class-class library yg dapat dipanggil utk proses tertentu... di dalam controller tersebut, takut pada salah persepsi aja, kalo orang java bisa ngamuk nanti tentang class dan anak2xnya ini, hehehhehe

    BalasHapus
  4. @Wendy : Oke, tambahan yang baik. Betul yang kumaksud itu, Hahaha... semoga orang java ga ada yang ngamuk. :) Tqu.

    BalasHapus

Just fill me...

Choose Topic

benediQue (18) IT Solution (10) pembuatan website (10) progress (10) project (9) Berita IT (8) IT (7) buat web (7) cara buat web (7) it business (7) toko online (7) web3days (7) FEEL IT (6) bisnis (6) company profile (6) innovaction (6) konsep programming (6) php (6) Google (5) Tutorial (5) bahasa pemrograman (5) belajar (5) harga murah (5) harga pembuatan website (4) programming concept (4) yves andre (4) flash (3) html (3) jQuery (3) programming language (3) 3d animation (2) Ajax (2) bakmi grand kelinci (2) css (2) dokumentasi (2) flash intro (2) javascript (2) membuat website (2) netbeans (2) perfume (2) Ajax Library (1) GPA (1) Google Code (1) Indonesia (1) Mootools (1) Sistem Operasi Linux (1) Welcome (1) animation (1) animation house (1) appologize (1) asteros (1) benedique client (1) benedique portfolio (1) blog (1) bug fixing (1) caffeine (1) cara membuat website (1) cara membuat website gratis (1) client (1) cool intro (1) daftar framework (1) design web (1) ellingbra (1) facebook apps (1) fanzilla (1) framework (1) gasp (1) gasp shout (1) gaspshout (1) google search (1) harga buat web (1) harga buat website (1) jasa membuat website (1) jasa pembuatan website (1) kebutuhan skill web developer (1) klien (1) membuat website gratis (1) menkominfo (1) model view controller (1) mvc (1) mysql (1) pola programming (1) programmer (1) programming pattern (1) rpm konten multimedia (1) search engine optimization (1) seo (1) skill programmer (1) skill web developer (1) subversion (1) tvc (1) web company profile (1) web developer (1) website perusahaan (1)